PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN IPS BAGI MAHASISWA PGSD STKIP-MB MUARA BUNGO JAMBI
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini belum maksimalnya penerapan integrasi berbasis Al-Qur’an dalam pembelajaran IPS, belum adanya sumber belajar yang telah terintegrasi dengan Al-Qur’an, Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa PGSD STKIP MB. Tahun Akademik 2017/2018 dengan tujuan untuk mendeskripsikan perangkat, implementasi, keunggulan dan kelemahan pembelajaran integrasi pendidikan berbasis Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk membuat deskripsi secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Instrumen penelitian angket, wawancara dan lembar Observasi. Perangkat integrasi nilai Al-Qur’an dalam pembelajaran IPS berupa silabus Dan RPS dan materi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an. kelebihan pengintegrasian pendidikan berbasisi Al-Qur’an dalam pembelajaran dapat mendukung visi dan misi, dapat menjadi acuan bagi dosen dalam menerapkan pembelajaran berbasis Al-Qur’an, sumber belajar bagi mahasiswa, dapat membantu mahasiswa dalam mengenal, keterkaitan antara konsep, yang terdapat dalam beberapa pokok bahasan dalam pembelajaran IPS dengan ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Sedangkan kelemahannya rendahnya pemahaman dalam dalil-dalil Al-Qur’an yang terkait dengan materi-materi IPS. Menuntut keterampilan belajar mahasiswa yang relatif baik. dan belum ada buku pembelajaran IPS yang diintegrasikan dengan Al-Qur’an