HUBUNGAN BULLYING DENGAN LINGKUNGAN, SOSIAL EKONOMI DAN PRESTASI PADA SISWA SDN 006 LANGGINI
Abstract
Bullying telah dikenal sebagai masalah sosial, dimana ditemukan di kalangan anak-anak sekolah. Perilaku bullying pada siswa itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor lingkungan, keluarga & sosial ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran bully, dan hubungan antara perilaku ini dengan masalah lingkungan, sosial ekonomi dan perilaku serta prestasi akademis pada anak SD Negeri 006 Kelurahan Langgini di kota Bangkinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun tempat dilakukannya penelitian ini adalah di SD Negeri 006, Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan pada semester genap bulan Januari-Februari 2016. Subyek penelitian merupakan seseorang atau sesuatu yang darinya diperoleh keterangan. Hasil sementara menunjukkan bahwa terdapat perilaku bully yang dilakukan oleh siswa SD kelas V terhadap teman-temannya. Umumnya yang melakukan perilaku bully ini adalah anak laki-laki.