HUBUNGAN PENGHASILAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR OO6 LANGGINI

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk melihat hubungan penghasilan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 006 Langguni. Penelitian ini menggunakan rancangan descriptitive correlational dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V SDN 006 Langgini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan menjadikan siswa kelas IV dan V SDN 006 Langgini yang berjumlah 55 orang sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara penghasilan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SDN 006 Langguni (Pv = 0,000; < 0,05). Diharapkan kepada orang tua siswa untuk meningkatkan kepedulian terhadap kegiatan belajar anak, dengan cara mengajak berdiskusi dengan anak tentang kesulitan-kesulitan belajar yang dialami anaknya, mendengarkan keluhan anak tentang kesulitan pelajaran di sekolah, dan mendampingi siswa pada saat melihat acara TV sehingga tidak mengganggu waktu belajarnya,   meningkatkan kepedulian terhadap kegiatan belajar anaknya, dengan cara menjalin komunikasi dengan pihak sekolah khususnya pada guru yang mengajar putranya.