Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui PS-MTTW Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah peningkatan keterampilan berbicara tematik terpadu dapat diupayakan melalui PS-MTTW kelas IV SD semester 2 tahun pelajaran 2018/2019, (2) bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran PS-MTTW yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Cebongan 03 Salatiga semester II tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN Cebongan 03 Salatiga sebanyak 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, 3) refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan instrumen lembar observasi keterampilan berbicara. Teknik analisis data adalah teknik persentase yakni membandingkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran tematik terpadu melalui PS-MTTW antar siklus. Hasil penelitian adalah terdapat peningkatan keterampilan berbicara tematik terpadu, yang diupayakan melalui PS-MTTW antar siklus, yakni sebanyak 54,1% dari seluruh siswa mencapai keterampilan berbicara tinggi di siklus 1 dan meningkat menjadi 87,5% dari seluruh siswa di siklus 2. Selisih antara siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan yang mencapai 33,4% dari seluruh siswa. Langkah-langkah PS-MTTW yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara adalah: 1) mengamati, 2) berpikir, 3) berbicara dalam diskusi, 4) menanya, 5) menalar, 6) mencoba, 7) menulis, 8) mengkomunikasikan.