Pengaruh Permainan Lego Terhadap Proses Pembentukan Konsep Warna Pada Anak Kelompok A di Tk Harapan Masa Banjarmasin

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasilperkembangan proses pembentukan konsep warna antara anak yang diberikankegiatan menggunakan permainan lego dengan anak yang tidak menggunakanpermainan lego dan pengaruh permainan lego terhadap proses pembentukankonsep warna anak usia dini kelompok A di TK Harapan Masa Banjarmasin.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen.Desain eksperimen yang digunakan adalah One group pretest dan posttest design.Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A di TK HarapanMasa Kota Banjarmasin. Objek dalam penelitian ini adalah perkembangankognitif anak usia dini kelompok A di TK Harapan Masa Kota Banjarmasin.Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik tes, dokumentasidan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah ujinormalitas dan uji wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh permainan lego terhadap prosespembentukan konsep warna pada Anak kelompok A diberikan dalam beberapatahapan yaitu tahap asimilasi, akomodasi dan ekuilibrasi. Berdasarkan Ujiwilcoxon tersebut diketahui signifikansi yang diperoleh sebesar 0,004 yang berartilebih kecil dari pada signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 0,05,maka Ha diterima artinya ada pengaruh permainan lego terhadap prosespembentukan konsep warna anak kelompok A di TK Harapan MasaBanjarmasin. Hal itu berdasarkan analisis data kelas eksperimen yang meningkatsebanyak 30, dari hasil pretest sebanyak 52,50 menjadi sebanyak 82,50 pada nilaiposttest.Kata Kunci: Permainan Lego, Konsep Warna, Tk