Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi, sedang, dan rendah untuk memecahkan masalah matematika pada siswa kelas XI MAN Panyabungan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru matematika, dan 15 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi memiliki pemecahan masalah matematika yang sangat baik (metakognitif strategic use), (2) siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang memiliki pemecahan masalah matematis yang baik (metakognitif aware use), dan ( 3) siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah memiliki cukup pemecahan masalah matematika (metakognitif tacit use).