PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Abstract

Pembelajaran matematika dengan student centred merupakan pembelajaran yang perlu dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan kemampuan matematis siswa. Pembelajaran tersebut dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui proses penemuan kembali konsep-konsep matematis. Hal ini menjadi dasar untuk  mengembangkan suatu Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis metode penemuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LAS berbasis metode penemuan terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. LAS yang telah dirancang selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli. Kevaliditan produk dilihat dari hasil penilaian validator untuk 4 (empat) aspek yaitu aspek didaktik, aspek isi, aspek bahasa, dan aspek tampilan. Hasil validasi I dari ahli memiliki rata-rata keseluruhan aspek 3,6 dengan kategori cukup valid. Hasil validasi II dari ahli mencapai rata-rata keseluruhan aspek 4,5 dengan kategori valid. Penilaiain kepraktikalitas LAS diperoleh rata-rata keseluruhan aspek penilaian yaitu 4,5 dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa LAS berbasis Metode Penemuan terbimbing telah dinyatakan valid dan praktis oleh validator. Hal ini berarti LAS tersebut sudah layak dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada siswa SMP.