EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 ANGKOLA SELATAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 34 siswa, teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada variabel bebas (X) adalah Lembar Observasi dan variabel terikat (Y) adalah Tes. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) Penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan komunikasi matematis memperoleh nilai rata-rata 3,75 berada pada kategori “Sangat Baik”, (2) Kemampuan komunikasi matematis sebelum penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diperoleh nilai rata-rata 54,71 berada pada kategori “kurang” dan sesudah penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diperoleh nilai rata-rata 83,82 berada pada kategori “Sangat Baik”, (3) Pengaruh penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan komunikasi matematis dimana hipotesis diterima dengan penggunaan aplikasi paired-samples t-tes dalam SPSS 17. Dimana hasil nilai signifikan sebesar 0,003 dimana 0,003 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan “Semakin efektifnya penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) maka semakin meningkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan”, (4) Adanya letak perubahan kemampuan komunikasi matematis sebelum penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan nilai rata-rata 54,71 dan sesudah penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan nilai rata-rata 83,82 sehingga tujuan penelitian ini sudah tercapai dengan hasil yang maksimal.