EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA

Abstract

Penelitian    ini    bertujuan    untuk    mengetahui    tingkat    keefektifan    penerapan    Pembelajaran Matematika Realistik  (PMR)    dalam  membelajarkan Kemampuan  Berpikir  Logis  Matematika (KBLM) siswa  SMP. Jenis  penelitian    ini adalah penelitian   kuasi  ekperimen  dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019.  Kemudian diangkat sampel dengan teknik cluster random  sampling sehingga terpilih sampel  penelitian  yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMR yaitu  kelas  VII-1 sebanyak  32 orang.  Pengumpulan data penelitian mengunakan instrumen yang meliputi tes, lembar observasi dan angket. Data    yang    dikumpulkan    terdiri    dari  data KBLM siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data  respon  siswa terhadap perangkat  pembelajaran.  Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMR  sebanyak 4 kali pertemuan memberikan  simpulan  penelitian bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal, yaitu diperoleh  ketuntasan  klasikal  siswa  kelas  eksperipen  diatas  85%  yaitu  87,50%.  (2)  Aktivitas  siswa  dalam pembelajaran adalah efektif, yaitu semua aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, yaitu respon siswa terhadap semua aspek perangkat berada di atas 80%  yaitu sebesar 95,94%.  Dengan demikian penerapan pendekatan PMR efektif dalam membelajarkan KBLM siswa SMP.