PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII MTS.S NURUL IMAN

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII Mts.S Nurul Iman.Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan upaya dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.Penelitian ini bertempat di Mts.S Nurul Iman selama  4 bulan  yaitu mulai dari bulan Januari sampai bulan April 2019. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII Mts.S Nurul Iman yang berjumlah 20 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 20 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design.Tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Berdasarkan analisis data model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebagai variabel bebas diperoleh nilai rata – rata 3,55 (kategori sangat baik). Nilai kemampuan komunikasi matematis sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diperoleh nilai rata – rata 45,35 (kategori kurang), dan nilai kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diperoleh nilai rata – rata 71,35 (kategori baik). Berdasarkan hasil perhitungan statistic dengan menggunakan paired sample t test diperoleh nilai signifikan 0,000, hasil ini dibandingkan dengan  taraf signifikan yaitu 0,05. Hasil signifikan lebih kecil dari 0,05. Artinya dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII Mts.S Nurul Iman.   Kata–katakunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, kemampuan komunikasi matematis