تحليل الأخطاء فى استخدام الفعل الماضى والمضارع فى التركيب أو الجملة لتلاميذ الصف الحادى عشر فى المدرسة الثانوية روضة الجنة بالنكارايا

Abstract

Siswa-siswa MA banyak menggunakan fi’il madhi dan mudhari’ pada penulisan kalimat maupun karangan, akan tetapi terkadang mereka melakukan kesalahan dalam penggunaannya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan berbahasa secara umum dan sebab-sebabnya yang dilakukan oleh siswa-siswa kelas XI MA Raudhatul Jannah Palangka Raya dalam penggunaan fi’il madhi dan mudhari’. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan peneliti menggunakan tes serta dokumentasi dalam pengumpulan data. Tujuan penggunaan tes adalah untuk mengetahui kemampuan menulis dan mengarang. Peneliti menganalisis macam-macam kesalahan yang dilakukan siswa melalui taksonomi berbahasa Arab. Dokumentasi pada penelitian ini mencakup lembar nilai tes siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Arab dalam penggunaan fi’il madhi dan mudhari pada siswa kelas XI MA Raudhatul Jannah, yaitu: kesalahan yang dilakukan siswa pada jenis misformating dengan frekuensi 157 (60,15%), pada misordering dengan frekuensi 49 (18,77%), pada addition dengan frekuensi 28 (10,73%), dan pada omission dengan frekuensi 27 (10,34%). Adapun sebab-sebab terjadinya: 1) Dipengaruh oleh bahasa pertama yang digunakan siswa sebelum bahasa Arab, 2) Ketidakpahaman pada penggunaan bahasa pertama ke bahasa tujuan yaitu bahasa Arab (dalam hal kaidah bahasa Arab)