PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS, KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STARTEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA UMKM DI KECAMATAN BULELENG TAHUN 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari Pengaruh Modal Psikologis, Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Startegi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha UMKM di Kecamatan Buleleng Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, Objek yang akan diteliti adalah UMKM yang ada di Kecamatan Buleleng. Adapun berdasarkan data dari Pemkab Buleleng jumlah dari UMKM Kecamatan Buleleng untuk tahun 2016 periode Januari sampai dengan Oktober berjumlah 276 UMKM. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sedangkan metode pengumpulan data menggunakan koesioner yang sudah d uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Hasil dari penelitian menunjukan variabel modal psikologis (X1) memiliki tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, karakteristik wirausaha (X2) memiliki tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, modal usaha (X3) memiliki tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, strategi pemasaran (X4) memiliki tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, selain itu tingkat signifikan F sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa semua variabel bebas berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap variabel terikat.