Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) disiplin belajar, (2) lingkungan keluarga, dan (3) pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas dengan populasi 401 siswa dan jumlah sampel sebanyak 200 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan hasil nilai ttes1,116 < ttabel1,65263 dan p-value 0,266 > α 0,05. (2) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan hasil nilai ttes-2,423 > ttabel1,65263 dan p-value 0,016 < α 0,05. (3) Ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang ditunjukkan dengan hasil analisis nilai Fhitung 4.501 > Ftabel 3,04 dengan p-value 0.012 < α 0.05. Nilai koefisien determinasi disesuaikan sebesar 0,034 artinya 3,4% prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar dan lingkungan keluarga sedangkan sisanya sebesar 96,6% dipengaruhi oleh faktor lain.   Kata  kunci : disiplin belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar