Pengaruh Pelatihan, Sikap, Intensi, dan Modal Terhadap Perilaku Berwirausaha pada Peserta Program Mahasiswa Wirausaha
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1)pengaruh pelatihan pengusaha terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha, (2) pengaruh pelatihan pengusaha terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha dan niat kewirausahaan, dan (3)modal sebagai variabel moderator yang memperkuat pengaruh pelatihan wirausaha, sikap pengusaha, dan kewirausahaan niat terhadap perilaku kewirausahaan. Jenis subjek ini adalah ex-post facto penelitian. Penentuan sampel penelitian ini dihitung dengan menggunakan teknik Slovin. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan 41 orang sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Kemudian, data dianalisis dengan analisis jalur dan analisis regresi moderat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelatihan pengusaha memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha, (2) pelatihan pengusaha memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha dan niat kewirausahaan, dan (3) modal tidak variabel moderator yang memperkuat pengaruh pelatihan wirausaha, sikap pengusaha, dan niat kewirausahaan terhadap perilaku kewirausahaan Kata Kunci: modal, niat kewirausahaan, pelatihanwirausaha, perilakukewirausahaan, sikap pengusaha