KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN ISLAMI DALAM MANAJEMEN BOARDING SCHOOL

Abstract

<p><em>Rasulullah </em>?<em> adalah guru terbaik. Proses pendidikannya</em><em> </em><em>terbukti mampu melahirkan para pemimpin hebat kelas dunia, bahkan outcome ‘Madrasah Rasul’ ini telah melahirkan kelas menengah bawah yang dipandang remeh secara sosial menjadi pemimpin cemerlang, satu diantaranya adalah Bilal.<strong> </strong></em><em>Fakta ini sangat mengagumkan! Walaupun demikian, ada hal yang patut disayangkan, ternyata kajian yang membahas tentang cara Rasulullah </em>?<em> mengkader pemimpin masih sangat terbatas. Selain itu, cukup memilukan juga mengetahui adanya gap yang sangat lebar antara kondisi ideal pendidikan Nabi dibandingkan dengan realitas pendidikan yang dialami kaum muslimin saat ini, khususnya di Indonesia yang masih dihiasi berbagai problem.</em></p><p><em>Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis akan berusaha memaparkan hasil analisis data tentang konsep pendidikan kepemimpinan yang mengikuti qudwah Nabi</em><em> </em><em>dan proses implementasinya dalam sekolah berasrama (boarding school) yang menjadi salah satu referensi sekolah pilihan orang tua saat ini.</em><em></em></p><p><strong><em>Keywords </em></strong><em>: </em><em>Management</em>, <em>education</em>, <em>islamic leadership</em> and <em>boarding school</em><em></em></p>