DELIBERALISASI DAN PEMBERDAYAAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KESEJAHTERAAN UMAT

Abstract

<p><em>Globalisasi merupakan fenomena yang dampaknya tak terhindarkan dalam segenap aspek kehidupan sehingga kita dituntut untuk selalu meresponnya dengan cerdas dan bijak. Pendidikan yang bermutu dan responsif adalah salah satu cara paling tepat untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pendidikan Islam di Indonesia merupakan sub-sistem dari pendidikan nasional. Dengan demikian, lembaga pendidikan Islam disamping terus memelihara ciri khas keagamaannya juga harus mampu membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam persaingan global. Karenanya memperkenalkan muatan pendidikan teknologi dan keterampilan (technical vocational education) dianggap sebagai salah satu cara yang paling bijak dan tepat dalam mempersiapkan peserta didik lembaga pendidikan Islam. Introduksi pendidikan vokasional untuk lembaga pendidikan Islam, khususnya tingkat Aliyah, disamping dilandasi oleh persaingan global yang ketat tersebut juga dilandasi oleh kecenderungan bahwa mayoritas lulusan Madrasah Aliyah tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga membekali mereka dengan pendidikan keterampilan akan mengantarkan mereka menjadi tenaga yang siap pakai untuk dunia kerja dan wirausaha dalam usaha memberdayakan masyarakat miskin.</em></p><p><em> </em></p><strong><em>Keywords </em></strong><em>: pendidikan vokasional, life skill, kewirausahaan, pendidikan Islam, pemberdayaan</em>