Kurikulum Pendidikan Islam di Amerika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kurikulum pendidikan Islam yang ada di Amerika sehingga membawa kontribusi bagi kurikulum yang ada di Indonesia. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka untuk mendapatkan data yang terkait agar bisa dapat terpercaya. Akan tetapi dalam pengambilan sumber referensi banyak dari internet. Hal ini disebabkan sejauh ini artikel maupun buku yang membahas kurikulum di berbagai negara termasuk Amerika sangat jarang atau boleh dikatakan langka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Amerika terkenal dengan sistem desentralisasi yang semuanya diserahkan oleh negara melalui bagian wilayahnya masing-masing. Sementara kurikulum yang masuk di Amerika mempunyai dua tujuan; Pertama mengenalkan ajaran Islam; Kedua, pemerintah Amerika sendiri memberi izin untuk masuknya kurikulum yang berlabelkan Islam dengan tujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat Amerika, bahwa Islam yang identik dengan anti kekerasan adalah tidak benar. Adapun hal yang perlu diterapkan di Indonesia adalah dari tenaga pendidiknya yang mendapatkan lisensi dengan jangka waktu terbatas selama lima tahun. Jika lisensi itu habis, maka akan diperbaharui lagi melalui ujian kembali sehingga jika dilihat dari sekilas, bahwa guru-guru Amerika memang dikatakan sebagai guru yang profesional.