Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model Realictic Mathematic Education (RME) dengan menggunakan alat peraga pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian kuantitatif dengan one grup pretest- post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Maros dengan sampel yang diambil secara acak sebanyak 30 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pre-test 21,10 sedangkan rata-rata post-test 76,67. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,74 dalam kategori tinggi dan berdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 < = 0,025 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Pada post-test juga memperlihatkan bahwa 24 dari 30 peserta didik (80 %) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Maros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model Realisctic Mathematic Education (RME) dengan menggunakan alat peraga efektif terhadap presetasi belajar.