Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 10 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA 2sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Instrumen pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa setelah diadakan perlakuan, dapat dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, yaitu denganĀ  menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t-test diperoleh nilai thitung = 2,80 danĀ  ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil anallisis tersebut dapat disimpulkan bahwaada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 10,8 %.