Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Kanisius Jimbaran. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media speaking pyramid yang berisi materi media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris bagi anak. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa TK Kanisius Jimbaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji validitas media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun termasuk dalam kategori “sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi dan uji validitas media untuk materi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi. Dengan demikian, media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris dapat digunakan untuk tahap selanjudnya yaitu tahap uji coba produk.