Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah reinforcement yang digunakan didalam permainan bunchems dapat meningkatkan konsentrasi anak dengan gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Eksperimen Subjek Tunggal. Dalam penelitian ini dilakukan dengan 12 sesi dengan pembagian 4 baseline dan 8 intervensi. Permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bunchems dengan menggunakan teknik reinforcement. Didalam penelitian ini menggunakan 2 indikator yaitu; mengambil bunchems sesuai warna di instruksikan dan menyelesaikan permainan dengan waktu yang ditentukan.Dalam indicator tersebut diberikan teknik reinforcement, didalam indicator yang pertama reinforcement yang diberikan berupa pujian dan tepuk tangan, sedangkan pada indicator kedua memberikan reinforcement positive dan negative. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis visual yang dibagi menjadi 2 yaitu dalam kondisi dan antar kondisi. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui perubahan konsentrasi anak sebelum dan sesudah dilakukannya treatment reinforcement. Berdasarkan data analisis yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa teknik reinforcement dalam bermain bunchems memiliki pengaruh positif terhadap indicator mengambil bunchems sesuai warna di instruksikan dan menyelesaikan permainan dengan waktu yang ditentukan. Diharapkan penelitian dilakukan lebih lama dan peneliti lebih tegas terhadap subjek.