Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dengan menerapkan pendekatan ini diharapkan hasil belajar sains pada anak akan meningkat dan lebih bermakna. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Cempaka Pekayon dengan jumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober- Desember 201. Metode penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu 1) tahap perencanaan, 2). tahap pelaksanaan, 3). tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar sains dengan prosentase perolehan pada siklus I ranah kognitif 58,5%, ranah afektif 47,1%, ranah psikomotorik 56,1%, siklus II ranah kognitif 66,7%, ranah afektif 59%, ranah psikomotorik 65,7% dan pada siklus III ranah kognitif 78,9%, ranah afektif 84,1%, ranah psikomotorik 84,3%