EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN LIFE SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efeketivitas penerapan pendekatan dalam pembelajaran terhadap hasilbelajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills dan siswayang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada materi pokok Garis Singgung lingkaran kelas VIII diSMP Negeri 4 Mataram, dan untuk mengetahui metode mana yang lebih baik untuk digunakan dalampembelajaran Matematika pada materi pokok garis singgung lingkaran. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIIIsemester II yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas , , , , , , !, ", dengan teknikPurposive sampling dipilih kelas sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen. Pengumpulandata dilakukan melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis denganuji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji-T. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh rataratakelas ekperimen (58,90) lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol (51,25). Pada uji normalitas danhomogenitas juga diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Setelahdilakujan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,5483 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,994. Karenathitung > ttabel maka H0 di tolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimenyang diajar dengan menggunakan motode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills dan siswa yang diajardengan menggunkan metode pembelajaran konvensional. di mana, hasil belajar siswa yang diajar dengan metodepembelajaran dengan pendekatan Life Skills lebih daik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metodepembelajaran konvensional.