Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Azhar 15 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana upaya orantua, guru, lembaga dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islam Al-Azhar 15 Surabaya, dan faktor yang menunjang dan menghambat upaya meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK IslamAl-Azhar 15 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya orangtua dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an adalah memberikan les mengaji, sedangkan upaya guru adalah sebagai kegiatan intra wajib program baca tulis Al-Qur’an di Sekolah dan upaya lembaga adalah menyediakan sarana prasana dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an. Faktor yang menunjang adalah adanya kerjasama dari orangtua dan pihak sekolah sedangkan faktor penghambat adalah guru yang kurang memiliki kreatifitas dalam mengajar.