Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Surabaya
Abstract
Abstrak Keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak untuk menerima pendidikan dari orang tua. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk perkembangan pedndidikan keagamaan bagi anak. Termasuk dalam pola asuh yang diterapkan orang tua. Karena dalam pola asuh akan membentk karakter dan watak anak yang berbeda-beda. Ibadah shalat fardhu merupakan sarana yang sangat penting untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan ibadah shalat fardhu maka hati akan menjadi tenang dan bahagia sehingga manusia akan terhindar dari perbuatan tercela. Oleh karena itu dalam membimbing dan mendidik anak orang tua wajib memberikan bimbingan menanamkan ibadah kepada anak sejak kecil hingga tercipta kemandirian anak dalam beribadah sejak kecil pula. Dengan adanya hal tersebut, maka penulis mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian ibadah shalat fardhu siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah bahwa Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian ibadah shalat fardhu siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya sangat kuat dengan taraf signifikasi 5 % adalah 0,344 atau 1 % adalah 0,442 , karena pola asuh adalah bagian dari pembentukan karakter dan kemandirian anak yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak sejak kecil. Kata Kunci : Pola Asuh dan Kemandirian Ibadah