Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi Dalam Pembentukan Karakter Di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Surabaya

Abstract

Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur peneriman siswa disekolah kawasan berbasis zonasi di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya, implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya, dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem zonasi dalam pembentukkan karakter siswa di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. implementasi pendidikan karakter dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem zonasi dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri 15 Kedung Cowek Kenjeran Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan tiga alur dari Miles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan PPDB di SMPN 15 belum maksimal, implementasi di SMPN 15 memiliki 5 metode yaitu mengajarkan, keteladanan, menentukan prioritas, praktis dan refleksi dan Peranan guru dalam mendidik peserta didik menjadi insan yang berkarakter baik sangat dibutuhkan. Penggunaan metode yang bervariasi dalam menciptakan suasana belajar agar tidak membosankan untuk menarik minat peserta didik serta mendekatkan diri kepada peserta didik memudahkan diri kepada peserta didik memudahkan para guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik. Kata Kunci : Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi