PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK MI/SD MELALUI MEDIA LAGU GUBAHAN

Abstract

Pembelajaran pendidikan akhlak di MI/SD masih menekankan aspekintelektual yaitu pengembangan calistung (baca, tulis, dan berhitung). Pendidikanakhlak perlu mendapat porsi yang lebih baik, pembelajaran pendidikan akhlakdapat diajarkan tidak hanya melalui media cerita saja ataupun menghafal tapi jugabisa dilakukan praktik langsung. Metode yang digunakan untuk menyampaikanpendidikan akhlak pada anak tentu berbeda dengan metode yang dilaksanakanuntuk orang dewasa. Salah satu metode yang tepat adalah dengan menggunakanmetode bernyanyi yang bisa diterapkan dalam aspek pengembangan anak. Tujuanpenelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan akhlakmelalui media lagu gubahan (2) untuk mendeskripsikan efektifitas pendidikanakhlak melalui media lagu gubahanPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yangdigunakan adalah teori Jamulus, kegiatan bernyanyi adalah merupakan kegiatandimana kita mengeluarkan suara secara beraturan dan berirama yang baik diiringimusik ataupun tanpa iringan musik. Bernyanyi berbeda dengan berbicara.Bernyanyi memerlukan teknik-teknik tertentu sedangkan berbicara tanpa perlumenggunakan teknik tertentu.Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan pembelajaran melalui medialagu gubahan meliputi pembiasaan menyanyi setiap hari, mendengarkan lagu-laguIslami pada anak, dan mengintregasikan lagu-lagu sesuai dengan tema. (2)Keefektifan pembelajaran pendidikan akhlak dengan media lagu gubahan dapatdikatakan efektif. Hal ini karena perubahan sikap, juga pemahaman dan perilakuanak yang terlihat secara signifikan antara sebelum dan sesudah diambil tindakanpenelitian.