PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DI SEKOLAH DASAR BANYUKUNING
Abstract
Kesenjangan antara praktik pendidikan dengan karakter peserta didik yangterjadi memerlukan perhatian serius, khusus dan konsisten dari berbagai pihak.Hal inidikarenakan dunia pendidikan di Indonesia kini bisa dikatakan memasuki masa-masayang pelik.Kucuran anggaran pendidikan yang besar disertai berbagai programterobosan seperti belum mampu memecahkan persoalan mendasar dalam duniapendidikan, yaitu bagaimana mencetak alumni pendidikan yang unggul, yangberiman, bertakwa, propfesional, dan berkarakter.Tujuan penelitian ini untukmengkaji kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bernilaikan karakter religius, perananpendidikan kepramukan dalam menanamkan karakter religius di sekolah dasar, danfakor-faktor apa saja yang berperan dalam penanaman karakter religius melaluipendidikan kepramukaan. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui tehnikwawancara, dokumentasi, dan observasi.Dari penelitian ini ditemukan bahwaPendidikan kepramukaan dapat kita jadikan sebagai media atau tempatpengembangan dan penanaman karakter pada diri peserta didik khususnya dalambidang keagamaan atau religius.