PEMBIASAAN IBADAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS 1 DI MI WAKHID HASYIM)

Abstract

Urgensi pembiasaan ibadah pada anak usia sekolah dasar yaituuntuk melatih anak agar terbiasa menjalankan kegiatan ibadah sehinggadapat membentengi anak dari hal- hal yang negatif, hal ini tidak terlepasdari bimbingan guru dan orang tua dalam membiasakan anak untukberibadah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosespembiasaan ibadah pada anak usia sekolah dasar di MI Wakhid Hasyim.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenispenelitian lapangan (field research). Subyek penelitian adalah anak kelas1 di MI Wakhid Hasyim sebanyak 23 anak. Pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiasaanibadah pada anak di MI Wakhid Hasyim dilakukan dengan praktek secaralangsung, menggunakan media asli, guru berperan sebagai demonstratordan menjadi teladan bagi anak- anak. Pembiasaan ibadah ini dilakukansetiap hari secara terus menerus dan guru akan memberikan pujian atauhadiah pada anak yang mau melaksanakan pembiasaan ibadah. Hasil daripembiasaan ibadah yang telah dipraktekkan adalah mampu melatih anakuntuk terbiasa menjalankan ibadah baik di sekolah maupun di rumah.Faktor pendukung yaitu guru yang mempunyai tekhnik dan metode yangtepat dalam pembiasaan ibadah, anak yang memiliki kemampuan cukupbaik dan saling memberikan motivasi, sarana dan prasarana yangmemadai dan orang tua yang mendukung pembiasaan ibadah di rumah.Faktor penghambat yaitu latar belakang pendidik dari luar jurusanpendidikan yang kurang memahami karakteristik anak, anak yang masihlabil dan mudah bosan dan latar belakang keluarga yang berbedasehingga kemampuan anak dalam memahami materi dan penerapanpembiasaan ibadah di rumah berbeda-beda.