PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR: Sebuah Tinjauan di SD Kedungpring, Pleret, Bantul

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus dibekalkan sejakdini pada peserta didik. Perkembangan era milineal yang semakin pesat,mempengaruhi perubahan serta perkembangan pada anak. Hal ini jugamempengaruhi pada karakter anak. Sekolah sebagai lembaga pendidikanmengemban tugas untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak. Tujuanpenelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan penanaman pendidikankarakter di SD Kedungpring, (2) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yangditanamkan di SD Kedungpring.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatanfenomenologi yang dilakukan di SD Kedungpring. Penelitian ini menggunakansampel berjenis purposive sampling (sampel bertujuan), dimana penelitian inimengambil subjek penelitian yang meliputi guru, kepala sekolah, serta pesertadidik di SD Kedungping. Adapun metode-metode yang digunakan untukmengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Kedungpring telahmelaksanakan penanaman pendidikan karakter pada peserta didik melalui multipendekatakan (multi approach) yang mencakup pendekatan mikro (individu),pendekatan meso dan pendekatan makro. Ketiga pendekatan tersebut kemudiandiaplikasikan dengan mengintegrasi dalam semua mata pelajaran, mengembanganbudaya satuan pendidikan, melaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, danmembiasakan perilaku dalam kehidupan. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan diSD Kedungpring meliputi nilai religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, rasahormat, dan peduli lingkungan. Proses penanaman pendidikan karakter denganmelibatkan peran orang tua serta masyarakat sekitar.