INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER (PILAR KEMANDIRIAN) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI MI

Abstract

Pendidikan karakter perlu mewarnai setiap jenjang pendidikan sejak daripendidikan pra sekolah sampai Perguruan Tinggi bahkan pada lingkungan tempatindividu melakukan interaksi dan komunikasi, karena lingkungan akan banyakmempengaruhi kepribadian seseorang, bahkan teori transformasi mengatakanbahwa lingkunganlah yang lebih membentuk kepribadian seseorang dibandingkandengan genetik (keturunan). Metode pada kajian ini adalah kajian literatur yangmembahasa tentang pentingnya Integrasi Pendidikan karakter dalam bimbingankonseling. Sehingga pelaksaan bimbingan dan konseling di sekolah sebenarnyadapat dilakukan dalam beberapa bentuk, bukan saja dilakukan dalam ruangantersendiri dengan perlakuan yang formal tapi seorang konselor/guru/guru kelasperlu mengetahui kepribadian dan psikologi anak yang sedang membutuhkanbantuan. Bisa jadi membutuhkan pelayanan sendiri dan bisa juga perlu orang lainatau kelompok untuk menyelesaikannya.