EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA
Abstract
Abstrak. Epistemologi pendidikan multikultural di Indonesia sebuah konsep atau pemikiran bagaimana bisa terintegrasi di pendidikan nasional. Pendidikan multikultural sangat penting dalam pendidikan di Indonesia karena pendidikan ini menekankan sikap empati, meningkatkan kepercayaan diri, menambah paparan keberagamaan sebagai pijakan indonesia yang sangat multikultur. Bhineka tunggal ika. Pendidikan multikultural dalam struktur pendidikan tidak adanya kebijakan yang menghambat toleransi, termasuk tidak adanya penghinaan terhadap ras, etnis dan jenis kelamin. Juga, harus menumbuhkan kepekaan terhadap perbedaan budaya, di antaranya mencakup pakaian, musik dan makanan kesukaan. Selain itu, juga memberikan kebebasan bagi anak dalam merayakan hari-hari besar umat beragama serta memperkokoh sikap anak agar merasa butuh terlibat dalam pengambilan keputusan secara demokratis.Kata Kunci : Epitemologi, Pendidikan, Mutikultural