REFLEKSI KEHIDUPAN DALAM IMPLIKASI EDUKATIF IPS
Abstract
Pendidikan IPS dan ilmu soaial selalu mendapatkan sorotan sebagai mata pelajaranyang sulit dianggap oleh siswa, karena dihadapkan dengan berbagai konsep, teori dan fakta yang harus di hafal. Oleh karena itu untuk pengajaran IPS dibutuhkan guru-guru yang dapat mengajarkannya dengan baik, artinya menguasai bahan yang diberikan, mampu menyeleksi bagian-bangian yang tepat untuk dijadikan materi pembicaraan, terampil dalam mengelola informasi yang berkembang. Selain itu perlu disadari bahwa guru IPS harus terampil dalam pengintegrasian ilmu-ilmu sosial untuk mempermudah tercapainya tujuan yang diharapkan bersama yaitu siswa terampil dalam mengenali masalah-masalah sosial dan cara-cara menyelesaikan masalah sosial sampai ketahap aplikasinya sehingga jadilah siswa yang aktif dalam lingkungan masyarakatnya, dengan demikian jadilah ia warga negara yang baik.Kata Kunci: Refleksi, Edukatif, Pendidikan IPS