PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MELALUI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang etika pergaulan melalui penerapan strategi pembelajaran cooperative learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa/i kelas VIII-5 MTs Negeri 2 Medan sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan tes. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Etika siswa dalam pergaulan siswa sebelum diberikan layanan informasi dengan menggunakan strategi cooperative learning masing rendah. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya partisipasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya ketika proses pembelajaran berlangsung. 2) Pelaksanaan tindakan layanan peneliti lakukan sebanyak 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi. Pada siklus pertama peneliti hanya menerapkan strategi cooperative learning dengan metode diskusi kelompok kecil. Pada siklus kedua peneliti menggunakan tetap menggunakan metode diskusi kelompok kecil. 3) Terjadi peningkatan etika siswa dalam pergaulan menjadi lebih baik dengan menggunakan strategi cooperative learning.