ANALISIS KONSEP DIRI SISWA SMA 8 PADANG DAN IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah siswa dalam hal konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. populasi Populasi penelitian adalah Siswa Kelas XI dan XII SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah 464 orang. Sampel berjumlah 215 orang, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen konsep diri menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa secara rata-rata gambaran konsep diri siswa berada pada kategori positif. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program pelayanan bimbingan dan konseling.Keywords : Konsep Diri, Implikasi Bimbingan dan Konseling