EFEKTIVITAS PENDIDIKAN LIFE SKILL DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERDAKWAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) konsep program pendidikanlife skill dalam membentukkemampuan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan, 2) pelaksanaan pendidikanlife skill dalam membentuk keterampilan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan,3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanan pendidikanlife skill dalam membentuk keterampilanberdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan, 4) efektivitas program pendidikanlifeskill dalam membentuk kemampuan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyahl Medan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep program khutbah yang dilaksanakan di Madrasah AliyahMuhammadiyah 1 Medan adalah berdasarkan kesepakatan bersama antara guru dan kepala sekolahserta himbauan dari dewan tanfiz dan hasil keputusan muktamar Muhammadiyah. Program khutbahmenjadi kegiatan ekstrakurikuler yang di muat dalam mata pelajaran wajib yang bobotnya setara denganmata pelajaran lainnya. Setelah siswa dianggap cakap dan mampu untuk berkhutbah maka akan dikirimke mesjid-mesjid Muhammadiyah yang berada di kota Medan. 2) Pelaksanaan program khutbah di MadrasahAliyah Muhammadiyah Medan dilakukan melalui tahapan pemberian teori melalui pertemuan rutin didalam kelas setiap minggunya. Materi yang di berikan meliputi rukun khutbah, menyusun materi danretorika. Pada tahap kedua pelaksanaan. khutbah dilakukan melalui praktek secara langsung setiap harinyasetelah selesai shalat zuhur dan asar. Sedangkan tahap terakhir dari pelaksanaan program dakwah dilakukandengan menyeleksi siswa yang dianggap telah mampu untuk di kirim ke mesjid Muhammadiyah yangada di kota Medan. 3) Faktor pendukung program khutbah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah adalahsemangat siswa mengikuti kegiatan khutbah ketersediaan sarana prasarana, dan guru yang ahli, sertadukungan dari masyarakat.Kata Kunci: Efektivitas, Life Skill, Dakwah