NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MUKHTÂR AL-AHÂDIS AN-NABAWIYAH WA AL-HIKAM AL-MUHAMMADIYAH

Abstract

Abstrak: penelitian ini, penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analisis teks Hadis, yakni pembahasanterhadap informasi dalam Hadis yang dalam hal ini sumber primernya adalah kitabMukhtâr al-Ahadisan-Nabawiyah wa al-hikam al-Muhammadiya karya Sayyid Ahmad al-Hâsyimî dan sumber sekundernyaadalah kitab-kitab yang berhubungan dengan pendidikan Islam dan syarah-syarah terhadap kitab Hadistersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji nilai-nilai pendidikanIslam yang terkandung dalam kitabMukhtâr al-Ahadis an-Nabawiyah wa al-hikam al-Muhammadiyadan menyesuaikan nilai-nilai tersebut dengan pendidikan saat ini. Hasil dari pembahasan ini ialah terdapat7 (tujuh) macam nilai-nilai pendidikan Islam, di antaranya tauhid, ikhlas, syukur, ketaqwaan, semangatberamal saleh, ihsan, dan kasih sayang. Semua nilai-nilai ini relevan dengan pendidikan saat ini. Tauhidakan mendidik manusia untuk meng-Esakan Allah dan tidak menyekutukan-Nya serta mengimani nabidan rasul-Nya, ikhlas akan mendidik untuk rela beribadah karena Allah, syukur akan mendidik untukmerasa cukup dengan situasi dan keadaan, ketaqwaan akan mendidik untuk selalu dekat kepada Allah,semangat beramal saleh akan mendidik untuk istiqamah, ihsan akan mendidik untuk senantiasa merasadiperhatikan oleh Allah, dan kasih sayang akan mendidik untuk memiliki sifat lemah lembut dan penyayang.In this study, the author uses the methodology of library research with a qualitative approach. The techniqueof collecting the data is through Hadith text analysis, namely the discussion of information in the Hadithwhich in this case the primary source is the kitab Mukhtâr al-Ahadisan-Nabawiyah wa al-hikam al-Muhammadiya by Sayyid Ahmad al-Hâsyimî and the secondary source are books related to Islamiceducation and sharah-sharah towards the book of the Hadith. The purpose of this study is to explore andexamine the values of Islamic education contained in the kitabMukhtâr al-Ahadisan-Nabawiyah wa alhikamal-Muhammadiyah and adjust these values in the world of education today. The results of thisstudy are 7 (seven) types of Islamic education values, including monotheism, sincerity, gratitude, devotion,virtuous charity, piety, and compassion. All of these values are relevant to current education. Monotheismwill educate of people to expose God and not associate with Him and believe in His prophets and apostles,will sincerely educate to be willing to worship because of Allah, gratitude will educate to feel sufficient withsituations and circumstances, devotion will educate to always be closed to Allah, the spirit of pious charitywill educate for istiqamah, ihsan will educate to always feel cared by God, and compassion will educate tohave a gentle and loving nature.Kata Kunci: Nilai, pendidikan Islam, relevansi