KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MERANCANG TES (Analisis Aplikasi Anates Ganda Di Sekolah SMA Negeri 1 Hinai)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru pendidikanagama Islam di sekolah SMA Negeri 1 Hinai dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankemampuan guru PAI merancang tes serta kemampuan guru PAI dalam menganalisis tes dengan menggunakanaplikasi Anates ganda di sekolah SMA Negeri 1 Hinai. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menghasilkan data berupa katakatatertulis maupun lisan dari orang-orang yang dapat diamati, sedangkan yang menjadi instrumennyaadalah peneliti sendiri. Data diperoleh dari dua sumber, yaitu data sekunder dan data primer. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penjaminkeabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilakukan secara interaktifdengan proses analisis data reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja (menarikkesimpulan penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pendidikan agama Islamdi sekolah SMA Negeri 1 Hinai yaitu melalui musyawarah MGMP agama Islam dan KKG Langkat,kemampuan guru pendidikan agama Islam kelas X dan XII yaitu Ibu Masnia dan Nur Azizah cukup baik,karena membuat soal pilihan ganda dan essay atau uraian berdasarkan kaidah-kaidah penulisan soal.Namun perlunya perbaikan untuk meningkatkan kualitas soal yang lebih baik. 2) Melalui pelatihan, diklat,worskop pendidikan agama Islam ataupun seminar pendidikan yang diiukuti oleh guru PAI akan meningkatkanpemahaman dalam membuat atau merancang soal dengan benar dan tepat. 3) Kemampuan Ibu Marjiahsebagai guru pendidikan agama Islam kelas XI kurang baik, sehubungan guru honor baru yang mengajardi sekolah SMA Negeri 1 Hinai, karena tidak percaya diri dan mempermudah dalam pembuat soal dalamulangan semester ganjil dan genap.Kata Kunci: Kemampuan, Guru, Merancang, Tes