STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA SMA NEGERI 1 BIREUEN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan AgamaIslam di SMA Negeri 1 Bireuen, 2) Pembentukan kepribadian Islami siswa SMA Negeri 1 Bireuen dan3) Kendala yang dihadapi guru pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islami siswaSMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMANegeri 1 Bireuen. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMANegeri 1 Bireuen dilakukan dengan mendukung dan menciptakan kebijakan-kebijakan yang terkaitdengan pengamalan ajaran Islam, adapun yang terkait dengan proses pembelajaran di dalam kelas,guru melakukan proses pembelajaran sesuai prosedur dan memperhatikan prilaku siswa secara intens,jika dirasa ada perilaku siswa yang tidak sewajarnya maka guru akan memberikan nasehat berupateguran secara langsung. 2) Pembentukan kepribadian Islami siswa SMA Negeri 1 Bireuen dilakukanmelalui pengamalan ajaran Islam seperti shalat berjama’ah, shalat dhuha, pelaksanaan program tausiyahagama yang terjadwal, dan pembacaan surah yasin ketika hari Jumat. 3) Kendala yang dihadapi gurupendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islami siswa SMA Negeri 1 Bireuen adalahkurangnya waktu pengawaasan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam hal mengawasi siswa,adapun solusi yang diberikan oleh kepala sekolah adalah melalui kerjasama antara sekolah denganmasyarakat melui komite sekolah dengan cara menjalin kerja sama antara guru dengan orang tuasiswa secara rutin.Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Kepribadian Islami