KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 ACEH TIMUR.

Abstract

Abstract: This research uses qualitative method, with use science approach to the interpretation of dataobtained through interviews, observation and documentation. Analysis of the data is done through thepresentation of data, the reduction of data and with drawal of the conclution. The results showed that:1) Interpersonal communication Madrasah head in improving teacher performance Madrasah AliyahNegeri 1 Aceh Timur uses verbal and non-verbal forms of communication and uses several communicationpatterns namely linear communication patterns, circle communication patterns, and wheelcommunication patterns. And 2) Interpersonal communication that takes place in Madrasah 1 AcehTimur involves all elements of communication (communicators, messages, media, and effects) andalso adheres to communication ethics according to Islamic learning. (qaulan kariman, qaulan ma’rufan,qaulan balighan, dan qaulan layyan).Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Komunikasi interpersonal Kepala Madrasahkepada para guru dalam meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur, 2)untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan komunikasi interpersonal Kepala Madrasah kepada Gurudan Staf Madrasah dalam meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur, 3)untuk mengetahui Hambatan pada komunikasi interpersonal Kepala Madrasah dalam meningkatkanKinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakanPendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memang melaksanakankomunikasi interpersonal dengan para guru dan staf dalam meningkatkan kinerja guru MadrasahAliyah Negeri 1 Aceh Timur. Sedangkan bentuk Komunikasi yang dilaksanakan kepala madrasahdengan para guru dan staf dalam meningkatkan komunikasi interpersonal yaitu kepala madrasahmenggabungkan dengan komunikasi internal yang ada dalam komunikasi organisasi, pertama kepalamadrasah melaksanakan komunikasi ke bawah (dawnward communication) yaitu komunikasi yangdatangnya dari kepala madrasah kepada para guru dan staf. Kedua kepala madrasah juga melaksanakankomunikasi ke atas (upward communication). yaitu komunikasi yang datangnya dari para guru danstaf kepada kepala madrasah. Kedua bentuk tersebut dilakukan secara langsung maupun menggunakanmedia, dan selalu dengan Qaulan Layyina.Kata Kunci: Intrapersonal, Madrasah dan Kinerja Guru