KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN SURAH AZ-ZALZALAH AYAT 7-8 DAN AL-BAQARAH AYAT 31-34
Abstract
Abstract: The purposes of this study are, 1). To analyze the principles of education in Surah Az-ZalzalahVerse 7 – 8 and Al-Baqarah Verse 31 – 34, 2). To analyze the types of evaluation in Surah Az-ZalzalahVerse 7 – 8 and Al-Baqarah Verse 31 – 34, 3). To analyze the relevance of evaluation concept in SurahAz-Zalzalah Verse 7 – 8 and Al-Baqarah Verse 31 – 34 with the evaluation of Islamic education atpresent. The type of this research is qualitative research, which uses the primary source derived fromQur’anic commentaries. This reseach provides conclusions as follows: 1). The principles of evaluationin both surah refer to the purpose ofAl kamal, istimrar, maudhuiyyah, alfariq and‘adula. 2). The typesof evaluation in these surah, are:first the evaluation includes all the use of powers and resources whichin humans beings to produce an outstanding output of work.Second the types of evaluation is used toknow the level of knowledge (al-‘ilm).Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis prinsip-prinsip evaluasi yang terdapat dalam surahaz-Zalzalah ayat 7-8 dan al-Baqarah ayat 31-34, 2). Untuk menganalisis jenis-jenis evaluasi yangterdapat dalam surah az-Zalzalah 7-8 dan al-Baqarah ayat 31-34, dan 3). Untuk menganalisis relevansikonsep evaluasi yang ada dalam surah az-Zalzalah 7-8 dan al-Baqarah ayat 31-34 dengan evaluasipendidikan Islam pada masa kini. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggunakansumber primernya adalah tafsir Alquran. Akhirnya penelitian ini berkesimpulan: 1). Prinsip evaluasiyang terdapat dalam kedua surah adalah mengacu pada tujuan, prinsip Al kamâl, prinsip istimrâr,prinsipmaudhûiyyah, prinsip alfâriq, dan prinsip ‘adula. 2). Jenis evaluasi yang terdapat dalam keduasurah ini adalah yang pertama evaluasi yang dilakukan mencakup semua penggunaan daya yangpada manusia dimulai menghasilkan suatu pekerjaan atau perbuatan.Kedua jenis evaluasi yang digunakanyaitu evaluasi untuk mengatahui tingkat ilmu pengetahuan (al-‘ilm).Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan dan Alqur’an