PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MDA BANI AL-KAUTSAR MEDAN MAIMUN

Abstract

Abstact: The goals of this research are (1) to know determine the styles and types of headmasterleadership at Islamic Primary School Bani Al-Kautsar Medan Maimun, (2) to know determine the role ofheadmaster leadership in development teachers ability at Islamic Primary School Bani Al-Kautsar MedanMaimun, (3) to know determine the implementation approach of headmaster leadership in developmentteachers ability (professional) at Islamic Primary School Bani Al-Kautsar Medan Maimun. Theresearch method that used is qualitative descrip. The results of this research are : (1) styles and types ofheadmaster leadership in development the style of cooperation leadership and the democratic leadershiptype. (2) the role of headmaster in development teachers professional at Islamic Primary SchoolBani Al-Kautsar Medan Maimun with used interactive communication. (3) the implementation approachof headmaster leadership in development of teachers ability (professionalism) based on behaviorapproach, where this approach has humanist character.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gaya dan tipe kepemimpinan kepala Madrasah DiniyahAwaliyah (MDA) Bani Al-Kautsar Medan Maimun. (2) mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasahdalam mengembangkan kompetensi (profesionalitas) guru di MDA Bani Al-Kautsar Medan Maimun.(3) mengetahui pelaksanaan pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkankompetensi (profesionalitas) guru di MDA Bani Al-Kautsar Medan Maimun. Metode Penelitian yangdigunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian yang dilakukanadalah sebagai berikut: (1) gaya dan tipe kepemimpinan kepala madrasah berpola pada pelaksanaanhubungan kerja sama dan tipe kepemimpinan yang demokratis. (2) peranan kepala madrasah di dalammengembangkan kompetensi (profesionalitas) guru di MDA Bani Al-Kautsar dengan menggunakankomunikasi interaktif. (3) pelaksanaan pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkankompetensi (profesionalitas) guru dilakukan berdasarkan pendekatan perilaku dimana pendekatan inimengarah kepada pelaksanaan yang bersifat humanis.Kata Kunci: Pelaksanaan kepemimpinan, mengembangkan kompetensi guru.