INOVASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MATA PELAJARAN FIKIH MUAMALAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH SIMALUNGUN

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know the pole of plan in teaching innovation which used byfikih teacher at Islamic boarding school al-Barokah Simalungun. The steps in doing of learning and theevaluation on modul innovation, model, and learning strategy used by fikih teacher toward fikih muamalahsubject matter. And the evaluation of fikih learning. This research is using qualitative method. The resultsof this research are the pole of plan at learning innovation used by fikih teacher toward fikih muamalahsubject matter at Islamic boarding school al-Barokah Simalungun are affective and diagnostic plan. Thepole of plan at learning innovation by five pillars, positive controlling exchange each, individual accountable,productive interaction, collaborative skill and group dynamic. The steps learning are to summarizethe specific purposes on learning at cognitive domain, style, and appreciation of skill and performance,learning experience and teaching learning. The evaluation on modul innovation, model, learning strategyused by teacher devided into two. First summative evaluation and formative evaluation.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola perencanaan dalam inovasi pembelajaran yangdigunakan guru fikih terhadap materi fikih muamalah di MAS pondok pesantren al-Barokah Simalungun.Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pelaksanaan inovasi modul, model, dan strategipembelajaran yang digunakan guru fikih terhadap materi fikih muamalah dan evaluasi pelaksanaanpembelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwapola perencanaan dalam inovasi pembelajaran yang digunakan guru fikih terhadap materi fikih muamalahdi MAS pondok pesantren al-Barokah Siantar adalah pola perencanaan afektif dan diagnostik. Polaperencanaan inovasi pembelajaran di atas, memiliki lima prinsip, yakni Saling ketergantungan positif,akuntabilitas individual, interaksi produktif,keterampilan kolaboratif; dan dinamika kelompok. Langkahlangkahpelaksanaannya adalah merumuskan tujuan khusus pembelajaran mencakup domain kognitif,sikap dan apresiasi serta keterampilan dan penampilan, pengalaman belajar dan, kegiatan belajar-mengajar.Evaluasi pelaksanaan inovasi modul, model, dan strategi pembelajaran yang digunakan gurunya adalahterbagi ke dalam dua tingkatan. Tingkatanpertama disebut dengan evaluasi sumatif. Tingkatankeduadisebut dengan evaluasi formatifKata Kunci: Inovasi, Pendidikan, Fiqih, dan Muamalah