HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU TENTANG MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI 2 MEDAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan guru tentang manajemen pembelajaran di MTs Negeri 2 Medan. (2) Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru-guru di MTs Negeri 2 Medan. (3) Untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen pembelajaran dengan kinerja guru di MTs Negeri 2 Medan. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen pembelajaran dengan kinerja guru di MTs Negeri 2 Medan. Populasi penelitian ini adalah guru MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 80 orang sebagai sampel yang ditentukan seluruh populasi penelitian. Sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian total populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disusun berdasarkan skala likter. Selanjutnya untuk menganalisis data ini dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Terutama untuk mendeskripsikan variabel penelitian, sedangkan untuk mengetahui derajat hubungan kedua variabel digunakan uji koefisian korelasi product moment (rxy) dan untuk menguji keberartian (signifikan hubungan digunakan uji t). Data dianalisis melalui teknik korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang manajemen pembelajaran dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan memiliki hubungan yang signifikan, terdapat nilai thitung sebesar 2,786 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 1,665 maka dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yakni 2,786 > 1,665. Maka dapat disimpulkan bahwa signifikan, yang artinya pengetahuan guru tentang manajemen pembelajaran (X) memilliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru (Y).