IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP NAHDHATUL ULAMA MEDAN HELVETIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Perencanaan Pendidkan dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMP Nahdhatul Ulama Medan Helvetia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. objek penelitian ditemukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahaan data berupa: kredibilitas dengan melakukan pengamatan di sekolah tersebut, keteralihan dengan melakukan uraian data yang telah diteliti, ketergantungan dengan teknik memeriksa, menganalisis dan mengkonfirmasi pada data yang diteliti, dan ketegasan untuk mengklasifikasikan data-data yang diperoleh dari penelitian. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Perencanaan kurikulum mengacu kepada standar kurikulum nasional dan dilaksanakan dengan menentukan mata pelajaran dan penjadwalan pelaksanaan. (2) Pengembangan kurikulum dilakukan dengan menambahkan mata pelajaran agama yang berbasis Nahdatul Ulama dan memberi kewenangan kepada guru mengembangkan metode pembelajaran (3) Perencanaan sumber belajar dilakukan dengan mempersiapkan buku pelajaran dan lembar kerja siswa serta menyiapkan perpustakaan (4) Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang bersifat pokok yang dilakukan dengan analisis kebutuhan. (5) Kepala sekolah merencanakan tenaga pendidik menyesuaikan dengan kebutuhan dan harus memiliki status sarjana. Perencanaan tenaga kependidikan bersifat aplikatif. (6) Perencanaan kinerja guru dilaksanakan melalui pembuatan standar kinerja yang memuat tentang tugas pokok dan fungsi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.