PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI MIN PARINGGONAN KECAMATAN ULU BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru di MIN Paringgonan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan Model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru, siswa-siswi,dokumen-dokumen yang ada disekolah, dan data yang membahas masalah penelitian. Temuan penelitian ini adalah (1) Peran Kepala Sekolah di MIN Paringgonan, dalam hal ini kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja dan wirausahawan. (2) kualitas guru di MIN Paringgonan , yaitu kualitas guru di MIN Paringgonan sudah baik, karena guru guru di sekolah ini telah banyak yang sertifikasi. (3) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di MIN Paringgonan lebih memposisikan dirinya sebagai manajer, yaitu mengadakan KKG. DDTK, MGMP( musyawarah guru mata pelajaran), Bimtek K-13, dan pelatihan.