PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRSAH DAN KEPUASAN KERJA GURU DENGAN KINERJA DI MTS NEGERI 2 MEDAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku kepemimpinam kepala madrasah, kepuasan kerja, dengan kinerja guru yang ada di MTS Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Informasi yang menyangkut variabel dalam penelitian diperoleh dari responden yang ditransfer dalam bentuk angka-angka kemudian dianalisis dengan cara manual maupun dengan mengggunakan program SPSS versi 16.0 for windows. Variabel penelitian ini menggunkan dua variabel bebas (variabel independen) dan satu variabel terikat (variabel dependen). Diduga ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru MTS Negeri 2 Medan dan ada hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru di MTS Negeri 2 Medan, dan ada hubungan secara bersama-sama antara perilaku kepemimpinan Kepala Madrssah dan kepuasan kerja dengan kinerja guru dapat meningkatkan kualitas dari MTS Negeri 2 Medan. Dan identifikasi masalah terdapat banyak faktor yang mempengaruhi di antara faktor internal dan eksternal guru sebagai berikut kinerja guru yang masih rendah dapat dilihat dari hasil belajar siswa, kinerja guru yang masih rendah terlihat dari pelaksanaan pembelajaran, penyusunan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian sesuai rencana, kinerja guru masih rendah dapat dilihat dari kepemimpinan Kepala Madrasah, kepuasan kerja guru ditandai dengan kualitas kerja guru dan pengelolaan pembelajaran yang tepat dan berdampak pada terbentuknya kinerja guru yang masih tinggi, kepuasan kerja guru akan meningkat menjadi kinerja yang tinggi jika imbalanya dengan sesuai, kepuasan kerja guru akan meningkat menjadi kinerja yang tinggi, jika fasilitas dalam pembelajaran tersedia sesuai dengan kebutuhan guru. Karena itu perilaku kepemimpinan kepala madrasah yang baik akan meningkatkan kepuasan kerja dan kinerja guru di MTS Negeri 2 menjadi lebih baik.