PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SD NEGERI NO.060819 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri 060819 Medan, dari hasil pengambilan sampel secara acak diperoleh sampel yaitu siswa kelas VIA dan VIB, penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang pengambilannya dilakukan berdasarkan acak kelas. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif N-Gain untuk menyajikan data dan statistik inferensial berupa uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk hipotesis diperoleh hasil penelitian: peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa, dengan taraf signifikan 0,00;. Dengan demikian yang menjadi saran dari hasil penelitian ini adalah (1) pendekatan kontekstual sangat disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, (2) pendekaan kontekstual akan sangat baik diterapkan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada siswa yang berkategori kemampuan rendah, (3) baik digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru tentang berbagai jenis pendekatan pembelajaran agar pembelajaran dapat memenuhi tujuan pembelajaran matematika, dan (4) kepada peneliti selanjutnya disarankan agar kiranya dapat melanjutkan penelitian ini ke arah yang lebih kompleks lagi, guna memperoleh penemuan yang lebih terperinci.