MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat di Kelas IV MIS Al-Khairat Tahun Ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model kooperatif Tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan menerapkan Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa. Dari 30 Siswa yang mendapat hasil belajar tuntas secara individu adalah 19 orang dengan persentase 63,33% dan tidak tuntas 11 orang dengan persentase 36,67% dapat dikatakan belum tuntas secara klasikal dan rata-rata hasil belajarnya pada siklus I adalah 67,42. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh data dari 30 siswa hasil belajar siswa meningkat yaitu 26 siswa tuntas dengan persentase 86,67% dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 13,33% maka dapat dinyatakan tuntas secara klasikal karena kriteria ketuntasan klasikal ≥85%. Hasil pengujian dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.