KEGIATAN MERESPON DALAM PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai kegiatan siswamerespon pada saat pembelajaran berlangsung di kelas. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan kegiatan merespon yang dilakukan siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 8 Padang sebanyak 480 orang, sampel sebanyak 218 orang, yang dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas instrumen kegiatan merespon dalam pembelajaran sebesar 0.672. Hasil uji reliabilitas instrumen kegiatan merespon dalam pembelajaran sebesar 0.921. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa secara rata-rata gambaran kegiatan merespon dalam pembelajaran berada pada kategori tinggi. Implikasi hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk pembuatan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 8 Padang.Kata Kunci: Kegiatan Merespon, Bimbingan dan Konseling.